Selasa, 02 Desember 2008

CR 7

Gaji Tertinggi bagi CR7

Telah lama Real Madrid begitu ngotot untuk memboyong bintang Manchester United, Cristiano Ronaldo ke Santiago Bernabeu. Sebagai langkah pengamanan, kubu The Red Devils memperbaharui kontrak kerja Ronaldo, yang kini populer dengan julukan CR7, pada 13 April 2007 lalu. Ketika itu MU dan CR7 sepakat dalam ikatan kontrak selama lima tahun atau sampai musim panas 2012. Gaji Ronaldo naik menjadi 120 ribu pound atau sekitar Rp 2,1 miliar (kurs 1 pound = Rp 17.600) per minggunya.

Meski demikian, Los Blancos tetap ngotot dan berupaya semaksimal mungkin untuk menggoda Ronaldo agar hijrah ke La Liga. Isu Ronaldo dan Madrid kian memanas di bursa transfer musim panas lalu. Ketika itu, sempat dikabarkan jika Ronaldo telah ‘pindah ke lain hati’. Beruntung bagi MU, mereka memiliki sosok manajer sekaliber Sir Alex Ferguson yang mampu membujuk CR7 untuk tetap tinggal di Old Trafford. Hasilnya, CR7 kembali menyatakan komitmennya bermain bersama The Red Devils.

Selesaikah soal CR7? Tentu tidak. Sesuai dengan Artikel 17 dalam aturan transfer FIFA, seorang pemain dimungkinkan untuk memutus kontrak kerjanya jika yang bersangkutan telah menyelesaikan tiga tahun dari kontrak kerja yang ditekennya. Untuk dapat memutus kontrak kerja itu, si pemain terlebih dahulu harus membayar dana kompensasi sebesar gaji yang ia terima di sisa waktu kontraknya.

Nah, kembali ke soal Ronaldo. Di akhir musim 2009-10, gelandang Timnas Portugal berusia 23 tahun ini dapat memutus kontrak kerjanya dengan menggunakan aturan tersebut. Artinya, Ronaldo cukup membayar kompensasi sebesar 12 juta pound atau sekitar Rp 211 miliar (jumlah gaji yang diterimanya dalam dua tahun) untuk hengkang dari Old Trafford. Jumlah yang sangat kecil dibanding bandrol Ronaldo di bursa transfer.

Karenanya, guna mengantisipasi kembalinya godaan dari Madrid, seperti yang dilansir News of the World, di akhir musim ini (musim panas 2009) MU bersiap merevisi kontrak kerja Ronaldo dan menawarkannya gaji tertinggi di Liga Premier yaitu gaji sebesar 150 ribu pound (sekitar Rp 2,64 miliar) per minggunya. Gaji yang lebih besar dibanding pendapatan John Terry di Chelsea yang mencapai 135 ribu pound (Rp 2,37 miliar) per pekannya.

“Musim panas mendatang bakal jadi elemen krusial dalam situasi kontraknya. Sebab, di musim depan ia bakal menyelesaikan tahun ketiga dalam kontraknya. Tidak ada seorang pemain pun (di MU) yang pernah memutus kontrak kerjanya sendiri. Saya yakin, itu tidak akan terjadi,” tegas Ferguson.

Tidak ada komentar: