Selasa, 02 Desember 2008

Enam Bintang Incaran City

City

Taipan Abu Dhabi yang menjadi pemilik klub Manchester City sangat berhasrat mendatangkan seorang pemain bintang atau superstar di bursa transfer musim dingin Januari nanti. Ada enam pemain berkategori bintang yang masuk dalam daftar incaran. Dua nama berada di posisi teratas, yaitu bintang AC Milan asal Brasil, Kaka, dan si lincah Lionel Messi yang bermain bersama Barcelona.

Empat nama lainnya yang masuk dalam daftar buruan adalah Fernando Torres, Carlos Tevez, Cristiano Ronaldo, dan Samuel Eto’o. Sebagai daya pemikat, City bakal menggelontorkan fee transfer yang besarannya jauh lebih tinggi dibanding dana yang telah dihabiskan Mark Hughes saat memboyong Robinho dari Real Madrid (32,5 juta pound) di bursa transfer musim panas lalu, rekor transfer tertinggi dalam sejarah persepakbolaan liga Inggris.

Meskipun dapat dikatakan upaya City untuk memboyong salah satu dari keenam pemain bintang tersebut hampir mustahil, pasalnya bursa kali ini terjadi di tengah-tengah musim bergulir, klub tetap berambisi untuk menguji coba seberapa besar ketahanan klub dan pemain melihat besaran fee transfer yang bakal disodorkan, yaitu mencapai kitaran 70 juta pound (sekitar Rp 1,295 triliun), jauh melebihi rekor fee transfer dunia ketika Los Blancos memboyong Zinedine Zidane dari Juventus dengan fee 48 juta pound pada musim panas 2001 lalu.

Langkah City di bursa Januari kali ini merupakan bagian dari strategi klub untuk menunjukkan kelasnya dalam persepakbolaan dunia dan membantu skuad Hughes unjuk gigi di paruh kedua musim. Para petinggi klub sangat percaya jika mereka mampu membawa salah satu dari Kaka atau Messi ke City of Manchester Stadium, dengan sendirinya para pemain bintang lainnya pun bakal menyusul. Dua nama bintang lainnya, kiper Juventus Gianluigi Buffon dan striker Valencia, David Villa, juga awalnya termasuk dalam daftar. Namun, klub lebih memilih untuk bergerak mendekati mereka di bursa transfer musim panas mendatang.

“Mereka (City) bakal mengincar seorang pemain bintang,” ujar seorang sumber yang terlibat dalam pembicaraan klub, Selasa (2/12) kemarin. “Jika mereka benar-benar mau membuat klub jadi besar maka langkah selanjutnya adalah merekrut pemain bintang. Artinya, salah satu dari Kaka, Messi, Ronaldo atau Tevez. Sebab, mereka memungkinkan untuk didekati (ditawar),” imbuhnya seperti yang dikutip The Independent.

Selain pemain bintang, City pun bakal merestui atau mendukung keinginan Hughes yang mengincar sejumlah pemain ‘non-bintang’ lainnya, seperti striker Blackburn Rovers, Roque Santa Cruz, bek Chelsea, Wayne Bridge, gelandang Portsmouth, Lassana Diarra, dan bek jangkung Benfica, Luisao.

Tidak ada komentar: